Laman

Wednesday, October 10, 2012

Telematika Dan Penerapannya

Definisi Telematika

Berdasarkan bahasa, telematika tersusun dari kata telekomunikasi dan informatika sehingga dapat diambil kesimpulan telematika adalah suatu integrasi dari sistem komunikasi dan sebuah media penyedia informasi, telematika juga sering dikaikat dengan komputerisasi komunikasi.

Sejarah Telematika Di Indonesia

- Periode rintisan akhir 1970 - 1980
- Periode Pengenalan awal 1990
- Periode Pengaplikasian akhir 1990- sekarang.

Arsitektur Telematika

- Arsitektur Mainframe
  Pada arsitektur ini menggunakan sebuah mainframe sebagai host utama yang memiliki sumberdaya sangat  besar baik memory , prosessor, dan penyimpanan cara kerja dari mainframe ini adalah memberikan sedikit waktu pada user untuk mengakses sumber daya kemudian berpindah kepada user berikutnya.

- Arsitektur File Sharing
Pada arsitektur ini sebuah komputer server menyediakan file-file yang sharing yang dapat diakses oleh pengguna. Namun arsitektur ini memiliki keterbatasan yaitu apabila jumlah pengguna dan file yang disharing besar maka komputer server dapat tak mampu menanganinya.

- Arsitektur Client/server
arsitektur client/server merupakan pengembangan dari arsitektur file sharing, dengan arsitektur ini query data ke server dapat terlayani dengan lebih cepat karena yang ditransfer bkanlah file, tetapi hanyalah hasil dari suatu query.

Penerapan Telematika

Mulai era tahun 2000 terdapat salah satu penerapan telematika yang cukup penting yaitu User Agent.
User agent adalah perangkat lunak (software agen) yang bertindak atas nama pengguna. terdapat banyak teknologi yang dapat diterapkan untuk konsep ini seperti web based, tetapi yang paling menarik adalah penerapan user agent ketika NASSA mengirimkan Curiosity ke mars. Robot Curiosity ini berperan sebagai agent dari user yang mengendalikannya.

                            Gambar yang diambil oleh Curiousity di Mars

No comments:

Post a Comment