Laman

Thursday, November 29, 2012

Penerapan Cloud Computing

Definisi Cloud Computing

Cloud Computing dapat diartikan sebagai proses penggunaan aplikasi (software) yang berjalan diatas sebuah jaringan, artinya pengguna aplikasi tidak perlu melakukan proses instalasi untuk menjalankan aplikasi cloud computing, cukup dengan mengakses jaringan yang menyediakan fasilitas cloud computing maka pengguna dapat menggunakan aplikasi tersebut. Secara teknis  Cloud Computing adalah teknologi yang memanfaatkan internet dan remote server untuk menyimpan, mengelola dan menjalakan aplikasi.

Cara Kerja Cloud Computing

Cloud Computing bekerja dengan cara demikan :
-Pertama komputer client (pengguna) meminta request kepada komputer server untuk mengakses data aplikasi yang digunakan.
-Request yang disampaikan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pengaturnya, setelah request yang dimaksud dipahami oleh server maka server merespon kembali request tersebut kepada komputer client.
-Pada komputer client respon yang diterima diterjemah kan kembali melalui TCP/IP agar dapat ditampilkan sesuai request.

Penerapan Cloud Computing

Cloud Computing telah banyak digunakan dibanyak bidang seperti hiburan, bisnis, dan pendidikan sebab cloud computing adalah langkah praktis dari penggunaan sebuah aplikasi tanpa perlu memiliki aplikasi tersebut. Sebagai contoh dalam bidang hiburan ketika kita ingin memutar musik dan memutar sebuah video dalam situs youtube, disana telah tersedia aplikasi pemutar file multimedia tanpa perlu kita melakukan instalasi terlebih dahulu.
contoh lainnya dalam segi bisnis adalah email saat kita mengakses gmail kita dapat mengirim pesan singkat atau mengetik sebuah surat tanpa harus melakukan instalasi pada komputer kita.  




Sumber :
http://www.wikinvest.com/concept/Cloud_Computing

2 comments: